TEKNIK DASAR ORGANISASI BERKAS

Organisasi Berkas ialah suatu teknik atau cara untuk  menyatakan dan menyimpan record-record dalam sebuah berkas / file
·         Ada 4 teknik dasar organisasi file, yaitu :
       - Sequential
       - Relative
               -  Indexed Sequential
               -Multi – Key
 Secara umum keempat teknik dasar tersebut berbeda dalam cara pengaksesannya, yaitu :
Keuntungan dari berkas relatif ini  adalah  kemampuan  mengakses record secara langsung. Sebuah record dapat di  retrieve,  insert,  modifikasi  atau  di delete; tampa mempengaruhi record lain dalam berkas yang sama.
Contoh : Magnetic Disk
Keuntungan
Ø      Kemampuan untuk mengakses record berikutnya secara tepat.

Keterbatasan
Ø      Tidak dapat mengakses langsung pada record yang diinginkan 
Contoh : Magnetic Tape
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pemilihan organisasi file :
}        Karakteristik dari media penyimpanan yang digunakan
}        Volume dan frekuensi dari transaksi yang diproses
}        Respontime yang diperlukan
Cara memilih organisasi file tidak terlepas dari 2 aspek utama, yaitu :
}        Model Penggunaannya
}        Model Operasi File


Tidak ada komentar:

Posting Komentar